Bawa Kabur Gadis di Bawah Umur, Pemuda Ini Diamankan

  • Oleh Uriutu
  • 05 Januari 2019 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Aldo Renaldo (19), pemuda Kelurahan Mangkatip RT 06, Kecamatan Dusun Hilir, Barito Selatan harus berurusan dengan Polisi, lantaran membawa kabur, Bunga (16) yang masih di bawah umur.

Kapolres Barsel, AKBP Wahid Kurniawan melalui Kapolsek Dusun Hilir Ipda Waryoto mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan dari orang tua korban yang kehilangan anak gadisnya sejak 26 Desember 2018 lalu.

Pada saat itu, lanjut dia, Bunga ingin pergi ke rumah bibinya di wilayah Mangkatip, namun belum pulang. 

Setelah mendapatkan laporan tersebut pihaknya langsung bergerak cepat melakukan penyelidikan hingga akhirnya mengetahui korban dibawa lari oleh pelaku dan berada di wilayah Palangka Raya. 

"Pada, Selasa (2/1/2018) sekitar pukul 21.00 WIB tim Buser Polres Palangka Raya menyampaikan bahwa korban dan tersangka telah diamankan di wilayah Kelampangan Kelurahan Sebangau Kota Palangka Raya," kata Waryoto kepada Borneonews, Sabtu (5/1/2018).

Berdasarkan pengakuan pelaku, lanjut dia, dirinya telah melakukan perbuatan asusila terhadap korban. “Saat ini tersangka bersama barang bukti telah kita amankan di Mapolsek Dusun Hilir untuk proses lebih lanjut,” ucap dia.  

Ia menambahkan, selama membawa lari korban, pelaku telah melakukan tindak pidana karena sengaja melakukan tipu muslihat, serangkaian kebohongan dan telah membujuk anak di bawah umur melakukan persetubuhan.

Sehingga, lanjut dia,  tersangka dikenakan pasal 81 ayat (2) Jo Psl 82 UU RI No. 17 Thn 2016 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti UU RI No.1 Thn 2016 tentang perubahan ke dua atas UU RI No. 23 Thn 2002 tentang Perlindungan Anak Jo Psl 64 ayat (1) Jo Psl 332 ayat (1) ke (1e) KUHPidana. (URIUTU DJAPER/B-2)

Berita Terbaru