Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Sumatra Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Resmikan 3 Depo Sampah

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 07 Januari 2019 - 15:56 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim) bertepatan dengan hari ulang tahun (HUT) Kotim ke-66, meresmikan 3 buah depo sampah di Sampit.

"Hari ini kita meresmikan tiga buah depo sampah di daerah perkotaan. Yang mana, depo ini sengaja kami bangun di daerah perkotaan agar bisa mendekatkan sampah kepada masyarakat," ujar Bupati Kotim Supian Hadi, Senin (7/1/2018). 

Depo sampah merupakan tempat pemilahan sampah yang diangkut dari TPS atau hasil pembuangan masyarakat. Sehingga nantinya saat dibawa ke tempat pembuangan akhir di Jalan Jendral Sudirman, baik sampah organik maupun non organik bisa dibedakan tempatnya.

Selain itu, pemilihan tersebut juga dilakukan sebagai cara untuk wadah daur ulang dan juga sebagai tempat agar warga tidak bingung membuang sampah. Sehingga masyarakat bisa menyadari akan pentingnya kebersihan dan tidak menganggap bahwa sampah membahayakan jika dikelola dengan baik.

"Ini juga kami buat, agar sampah tidak lagi berserakan di jalan protokol Sampit ini. Dan TPS yang di jalan tersebut juga sudah dibongkar. Sehingga jalan Kota Sampit terlihat nyaman tanpa sampah," ungkap Supian. 

Devo tersebut juga nantinya akan dilengkapi dengan taman bermain dan juga kafe. Sehingga bisa menjadi tempat bersantai masyarakat di daerah ini.

"Nanti juga akan ada kafe dan taman bermain bagi anak di depo sampah tersebut. Hal ini sengaja kami lakukan agar menjadi tempat bersantai warga," terang Supian. 

Hal tersebut dilakukan pihaknya sebagai cara untuk mendekatkan sampah dengan masyarakat. Sehingga sampah tidak lagi dianggap kotor dan bau seperti yang terjadi selama ini. Namun jika dikelola dengan baik, maka akan memberikan keuntungan tersendiri bagi masyarakat. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 


TAGS:

Berita Terbaru