Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Sula Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kotim Masuki Usia 66 Tahun, Pedalaman Masih Banyak Tertinggal

  • Oleh Naco
  • 07 Januari 2019 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kalangan legislator menilai masih banyak persoalan daerah ini, di usianya yang ke 66 tahun. Di antaranya yang menonjol, persoalan infrastruktur belum merata.  Bahkan masih banyak daerah pedalaman yang terkesan tertinggal.

"Di pedalaman Kotim wilayah utara khususnya masih menjadi persoalan klasik yang belum mampu diselesaikan pemerintah," kata anggota Komisi III DPRD Kotim, Sarjono, Senin (7/1/2019).

Sarjono mengatakan, hingga usia yang tidak muda, ternyata pengentasan urusan ketertinggalan masih sulit tercapai. Seperti akses jalan hingga ekonomi masyarakat. 

"Anggaran Kotim 2019 yang menyentuh Rp 1,9 triliun itu tidak banyak dikucurkan untuk warga pedalaman," kata dia.

Persoalan infrastruktur serta masih adanya desa yang tidak tembus jalur darat ini harusnya menjadi pekerjaan pemerintah kabupaten. Tetapi sayangnya, di setiap tahun anggaran, hanya sedikit yang bisa terakomodasi. 

APBD Kotim sendiri sudah tersandera hingga 2020 mendatang untuk membayar program tahun jamak atau multiyears, yang nilainya fantastis.

“Padahal urusan ruas jalan yang mestinya ditangani pemkab di pedalaman masih belum mampu diselesaikan. Padahal infrastruktur jalan dan jembatan penting untuk meningkatkan perekonomian masyarakat," tegasnya. (NACO/B-11)

Berita Terbaru