Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Banjarbaru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Delapan Poin Usulan Gubernur untuk Terminal Baru Bandara Tjilik Riwut

  • Oleh Rahmat Gazali
  • 08 Januari 2019 - 07:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengusulkan  delapan poin penataan terminal baru Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya kepada PT Angkasa Pura II selaku pihak pengelola.

Delapan poin usulan ini merupakan arahan gubernur yang sudah dirapatkan bersama Pemerintah Provinsi (Pemrpov) Kalimantan Tengah (Kalteng) dengan pihak Bandara Tjilik Riwut pada, Jumat 4 Januari lalu yang dipimpin oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Fahrizal Fitri.

Berikut delapan poin usulan yang Gubernur anggap penting untuk pengembangan terminal baru bandara Tjilik Riwut Palangka Raya.

1. Pemasangan foto Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah pada bagian dalam dan luar gedung.

2. Pemasangan foto dan riwayat berdirinya Kalimantan Tengah oleh gubernur pertama Tjilik Riwut.

3. Pemasangan videowall dan videotrone pada terminal kedatangan maupun keberangkatan.

4. Disediakannya toko ataupun ruang promosi khas daerah yang dikelola oleh Dekranasda, Koperasi dan UMKM Provinsi Kalimantan Tengah.

5. Tersedianya pusat informasi yang menghadirkan putra-putri Dayak sebagai penerima tamu pada terminal kedatangan.

6. Tersedianya toilet ramah difabel.

7. Pemasangan foto orangutan di bagian dalam gedung sebagai promosi wisata daerah Kalimantan Tengah, baik di Taman Nasional Tanjung Puting maupun Sebangau. 

8. Penyediaan tempat penampilan musik karungut.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kalimantan Tengah Herson B Aden saat konferensi pers dan mengundang awak media di ruang kerjanya mengatakan surat resmi akan segera disampaikan kepada pihak pengelola bandara dalam waktu dekat.

Herson berharap semua usulan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah ini dapat diakomodir oleh Angkasa Pura II.

Ia menyampaikan bahwa kedelapan poin ini sebagai usulan kepada Direktur Angkasa Pura II yang akan mengelola Bandara Tjilik Riwut setelah diresmikan Presiden Joko Widodo pada 7 Februari 2019.

"Ini masih bersifat sementara, mungkin ada usulan lain untuk kepentingan umum seperti misalnya tempat parkirnya harus diperluas," lanjutnya. (RAHMAT GAZALI/M)

Berita Terbaru