Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perusahaan Sawit Perbaiki Jalan Desa di Lamandau

  • Oleh Heriyadi
  • 08 Januari 2019 - 13:48 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Sejumlah perusahaan sawit yang beroperasi di Kabupaten Lamandau memperbaiki jalan yang menghubungan antardesa di wilayah tersebut.

"Perbaikan  jalan yang menghubungkan sejumlah desa yang menjadi keluhan warga akan mendapat penanganan dari tiga Perusahaan itu, yakni PT Sawit Mandiri Lestari (PT SML), PT Sawit Lamandau Raya (PT SLR, dan PT Amparah Mitra Jaya (PT. AMJ)," kata Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Lamandau, Nozul ST MT usai memimpin rapat koordinasi tentang pembangunan jalan tersebut, dihadiri perwakilan perusahaan, Senin (7/1/2019).

Bahkan, lanjut Nozul, sejumlah jalan di Kecamatan Batang Kawa seperti ruas jalan Desa Ginih, dan Kinipan sepanjang 4 kilometer, perbaikannya segera dibantu oleh tiga perusahaan ini.

Namun untuk masalah teknis tetap dari PUPR Lamandau yang dilibatkan. "Dalam waktu dekat kami akan survei ke lapangan didampingi pihak kecamatan dan desa," ujar Nozul. 

Perbaikan ruas jalan akan dimaksimalkan. Pihaknya  juga sudah mengusulkan ruas jalan Benakitan yang menjadi kewenangan pemda Lamandau segera diperbaiki.

Dengan keterlibatan perusahaan dalam penanganan ruas jalan desa yang rusak yang selalu dikeluhkan warga karena kekurangmampuan anggaran daerah maka terobosan ini dinilai menjadi sebuah solusi.

Menurut Nozul, dari sejumlah perusahaan sawit melakukan upaya perbaikan jalan yang menjadi keluhan warga dalam kawasan tersebut patut mendapat apresiasi. Dari tiga perusahan perkebunan ini pihaknya merasa terbantu.

Menurut dia, perusahaan di Lamandau, yakni  PT SML, PT SLR, dan PT AMJ secara sukarela memperbaiki ruas jalan menghubungkan antardesa. Bahkan warga setempat sangat terbantu  karena bisa menggerakkan roda perekonomian memperpendek jarak tempuh menuju kota Nanga Bulik.

Selain itu, jelas Nozul, perbaikan akan difokuskan terlebih dahulu pada titik rusak parah atau licin. Khususnya pada ruas jalan Desa  Ginih dan Kinipan yakni pada titik daerah tanjakan dan perbukitan yang pada saat musin hujan membahayakan pengendara. 

Manager PT Sawit Mandiri Lestari (PT SML) Bobi mengungkapkan, bantuan perbaikan ruas jalan Desa Benakitan, Ginih, dan Kinipan Kecamatan Batang Kawa sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat di lingkungan perusahaan. (HERIYADI/B-5)

Berita Terbaru