Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Solok Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Curah Hujan di Katingan Kembali Tinggi

  • Oleh Abdul Gofur
  • 08 Januari 2019 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Curah hujan di wilayah Kabupaten Katingan sejak beberapa hari terakhir kembali tinggi.

Dari pantauan borneonews.co.id hujan lebat beberapa hari ini terus mengguyur wilayah kabupaten berjuluk Bumi Penyang Hinje Simpei ini.

Padahal sebelumnya curah hujan sempat jarang terjadi.  Akibatnya, debit air Sungai Katingan tampak menyurut. Namun curah hujan kemudian kembali tinggi hingga menyebabkan Kota Kasongan hampir setiap hari diguyur hujan deras.

Selain di Kota Kasongan dan sekitarnya, dari informasi yang diperoleh borneonews.co.id hujan deras selama beberapa hari ini juga mengguyur wilayah hulu/Utara Katingan, seperti Tumbang Sanamang Kecamatan Katingan Hulu, Tumbang Hiran Kecamatan Marikit, Tumbang Manggu Kecamatan Sanaman Mantikei maupun di Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah.

Hujan juga terjadi di wilayah hilir Katingan, seperti Kecamatan Tasik Payawan, Kamipang, Mendawai dan Kecamatan Katingan Kuala. "Tadi malam di Kasongan hujannya cukup deras dan berlangsung cukup lama. Kalau hujan terus terjadi dalam beberapa hari ke depan bisa saja terjadi banjir akibat luapan Sungai Katingan," kata Ahmad warga Kasongan, Selasa (8/1/2019).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan, Icing mengatakan saat ini tergolong masih musim penghujan. "Kalau prediksi pihak BMKG Kalteng curah hujan ini akan berlangsung sampai April 2019 mendatang," katanya. (ABDUL GOFUR/B-2)

Berita Terbaru