Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sebelum Bertugas Kepala Desa Terpilih di Kotim agar Diberi Pelatihan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 09 Januari 2019 - 15:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sekretaris Daerah (Sekda) Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor meminta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) agar memberi pelatihan dan pembekalan kepada kepala desa terpilih sebelum mereka menjalankan bertugas. 

"Saya minta seluruh kepala desa terpilih diberi pelatihan. Terutama tentang penggunaan dana desa," ujar Halikinnor, Rabu (9/1/2019). 

Hal tersebut sebagai upaya agar kepala desa bisa menjalankan dan menggunakan dana desa dengan baik dan benar. Tanpa harus berurusan dengan hukum atau menyalahi aturan. 

"Banyak kepala desa yang terpilih bukan petahana, sehingga bimbingan dan pelatihan sangat diperlukan," kata Halikinnor. 

Pelatihan juga sebagai upaya agar kepala desa dapat gambaran sebelum mereka bertugas. Sehingga usai dilantik mereka sudah bisa menjalankan program yang dibutuhkan masyarakat. 

Selain hal itu, pelatihan juga sebagai upaya agar tidak ada lagi desa yang melakukan penyerapan anggaran dana desa sangat rendah. Karena hal itu akan membuat desa sulit berkembang. 

"Dana desa itu disiapkan untuk digunakan membangun desa. Bukan untuk dibiarkan begitu saja," ungkap Halikinnor. 

Kepala desa di Kotim juga diminta selalu berhati-hati dalam menggunakan dana desa. Jangan sampai keluar dari jalur, hingga berujung pada pelanggaran hukum. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru