Jangka Hidup Tuti Wati Memendek Jika Tidak Dioperasi

  • Oleh Agus Priyono
  • 09 Januari 2019 - 20:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Masalah kesehatan terkait obesitas yang dialami Titi Tentu akan semakin banyak. Bila kondisi obesitasnya tidak kunjung ditangani maka salah satunya adalah umur dari Titi Wati yang akan memendek.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng, Suyuti Syamsul mengatakan kegemukan yang dialami Titi bisa mengakibatkan jantungnya tertutup lemak yang bisa menyebabkan jantung lemah dan hingga kematian.

“Jatung orang obesitas itu cenderung tertutup lemak secara teori akan melemahkan fungsi jantung, lama kelamaan jantungnya bisa berhenti,” ujarnya.

Suyuti juga menambahkan jika dengan operasi diharapkan dapat mengatasi hal tersebut, karena Titi Wati akan data bergerak dan bisa merubah pola hidupnya.

“Persentasi keberhasilan operasi ini mencapai 80% secara teori. Namun hal ini tentu membawa manfaat bagi Titi maupun keluarga, akan bahaya jika keadaannya dibiarkan seperti itu terus,” jelasnya.

Suyuti mengharapkan jika pihak keluarga berkenan dan setuju untuk Titi segera dilakukan operasi pengecilan lambung. Hal ini diharapkan agar Titi bisa lebih lama menjalani hidup dan bisa beraktivitas seperti yang lainnya. (AGUS/B-6)

Berita Terbaru