Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Denpasar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Barito Selatan Ajak Semua Elemen Bangun Kesadaran Peduli Lansia

  • Oleh Uriutu
  • 10 Januari 2019 - 12:12 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Wakil Bupati Barito Selatan Satya Titiek Atyani Djoedir mengajak semua elemen membangun kesadaran peduli para lanjut usia (lansia).

Ajakan itu ia sampaikan seusai senam bersama lansia di halaman rumah jabatan wakil bupati, Kamis (10/1/2018).

Ia mengatakan, untuk membangun kesadaran perlu kesiapan dan antisipasi. Mengingat lansia membutuhkan pelayanan yang spesifik sesuai dengan karateristik mereka.

Secara umum, lanjut dia, hal-hal yang dihadapi para lansia yakni berkaitan dengan masalah kesehatan serta interaksi sosial.

“Marilah kita membanguan kesadaran kolektif dan kebersamaan di setiap lapisan masyarakat, untuk mewujudkan program nyata peduli terhadap permasalahan lanjut usia ini,” ajak dia.

Kendala yang dihadapi para lansia di antaranya merasa pesimistis dan rentan penyakit, terutama untuk yang tinggal di perdesaan.

“Menyikapai dan mengatisipasi hal itu perlu dukungan keluarga yang maksimal. Sehingga para lansia bisa menua dengan sehat yang mandiri sejahtera,” ucap dia.

Wakil Bupati yang juga menjabat sebagai ketua Komda Lansia Barito Selatan, mengaku selalu menyosialisasikan berbagai kegiatan menua sehat secara aktif bekerjasama dengan Dinsos, Dinkes, dan SOPD lainnya.

Hal itu dilakukan, untuk mengupayakan peningkatan dan kepedulian masyarakat supaya berpartisipasi dalam penanganan lansia menuju tua berguna dan berkualitas.

“Upaya-upaya yang bisa dilakukan di antaranya membentuk kelompok usaha bersama (kube) serta usaha produktif seperti anyam-anyaman, berternak, keterampilan membuat kue yang diprakarsai oleh kelompok lansia sampai ke tingkat pedesaan." (URIUTU DJAPER/B-3)


TAGS:

Berita Terbaru