Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Grobongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dukung Pembentukan DOB Kabupaten Kapuas Ngaju, Komisi I DPRD Kapuas Apresiasi Pemkab Barito Utara

  • Oleh Ramadani
  • 10 Januari 2019 - 19:16 WIB

BORNOENEWS, Muara Teweh – Komisi I DPRD Kapuas memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Barito Utara atas dukungan untuk pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Kapuas Ngaju.   

Ketua Komisi I DPRD Kapuas, Darwandie mengatakan, berdasarkan hasil rapat koordinasi adanya nyambung rasa. Karena melalui pernyataan Bupati Barito Utara dan Pimpinan DPRD Barito Utara sangat mendukung agar DOB Kapuas Ngaju dapat segera terwujud. 

Dengan dilaksanakan pertemuan dan koordinasi ini, ada satu solusi yang ditarik yakni dalam waktu secepatnya, Komisi I DPRD Kapuas  mendorong kepada pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah untuk dapat  memfasilitasi pertemuan antara Bupati Barito Utara dan Bupati Kapuas mengenai penyelesaian tata batas.

“Kami yakin pertemuan ini akan ada hasilnya. Selama ini kami belum terpikirkan untuk menfasilitasi itu. Makanya dengan pertemuan ini kami dari DPRD Kapuas dan DPRD Barito Utara akan mendorong terlaksananya pertemuan dan diskusi antara Bupati ini dapat dillaksanakan,” ujarnya, Kamis (10/1/2019)

Disampaikannya, untuk pembentukan DOB Kapuas Ngaju secara undang-undang telah memenuhi syarat. Sudah ada lima kecamatan, hanya saja desa terujung yakni Desa Buhut Jaya yang berdekatan dengan Barito Utara ada permasalahan mengenai tata batas tersebut.

Ia mengatakan, Kecamatan Kapuas Tengah sampai saat ini masih terisolir. Untuk perjalanan menuju kecamatan tersebut harus menempuh jarak sekitar 600 kilometer dari ibukota Kabupaten dan juga melalui jalur lintas kabupaten. “Bahkan dulu memang tidak bisa sama sekali melalui jalur  darat, harus melewati jalur sungai,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi I DPRD Kapuas sekaligus wakil rakyat dari daerah Kapuas Ngaju, Berinto mengatakan, setelah mengamati hasil pertemuan yang difasilitasi oleh DPRD Kabupaten Barito Utara,  pihaknya dari Kapuas Ngaju memberikan apresiasi yang tinggi atas dukungan politik yang diberikan Bupati Barito Utara agar cepat terbentukya DOB Kabupaten Kapuas Ngaju. (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru