Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Teluk Bintuni Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Tahapan Sebelum Operasi Bedah Lambung

  • 10 Januari 2019 - 22:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Sebelum melakukan operasi bariatrik atau operasi pengecilan lambung terhadap Titi Wati wanita berbobot 300 gram ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh pihak RSUD Doris untuk memastikan operasi bisa berjalan dengan lancar.

Wakil Direktur RSUD Doris Sylvanus, Theodorus Sapta Atmadja mengatakan sebelum dilakukan operasi bariatrik terhadap pasien, RSUD Doris akan melakukan pemeriksaan medis selama 1 Minggu untuk memastikan kondisi fisik pasien.

“Sebelum tindakan operasi, tim dokter akan terlebih dulu melakukan cek medis terhadap pasien. Ini sebagai pemeriksaan pendukung karena selama 6 tahun ini kami tidak tahu bagaimana kondisi fisiknya,” ujarnya.

Dijelaskan jika cek medis pendukung itu juga dilakukan untuk mengetahui kondisi real dari tubuh pasien. Hal itu juga dilakukan untuk mengetahui adanya kelainan pada organ dalam pasien yang dapat membahayakan jiwa pasien jika operasi dilakukan.

“Setelah pasien datang, kami akan melakukan pemeriksaan darah rutin, kimia darah, fungsi ginjal, echocardiography, toraks foto, EKG, USG, spirometry dan lain sebgainya dan itu dilakukan sebelum dilakukannnya operasi,” ujarnya.

Saat dilakukan periksaan pihaknya berharap agar tidak menemukan kontra indikasi dari kondisi fisik pasien, sehingga pasien dapat menjalani operasi bariatrik.

“Diharapkan tidak akan terjadi kontra indikasi, sehingga pasien bisa dinyatakan layak atau bisa dilakukan bius dan anastesi, baru operasi bisa kami lakukan,” tandasnya. (AGUS/B-6)

Berita Terbaru