Jantung dan Paru-paru Jadi Perhatian Khusus Jelang Operasi Titi Wati

  • Oleh Agus Priyono
  • 11 Januari 2019 - 09:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Organ jantung dan Paru-paru menjadi perhatian khusus bagi tim dokter di RSUD Doris Sylvanus dalam melakukan cek medis hingga menjelang operasi beriatrik terhadap Titi Wati, perempuan berbobot 300 Kg lebih.

Wakil Direktur RSUD Doris Sylvanus, Theodorus Sapta Atmadja menjelaskan, jantung dan paru-paru Titi Wati mendapatkan perhatian khusus karena kondisi fisik serta posisi tubuh Titi Wati yang statis dan sudah menahun tidak berubah.

“Untuk jantung karena pasien ini jarang sekali bergerak, kemudian akan dilihat apakah ada pelemakan di jantung. Untuk paru-paru kan dia sudah dalam posisi tengkurap itu sudah cukup lama, tentu akan berpengaruh pada proses paru-paru itu mengembang. Jadi 2 orang ini yang akan menjadi perhatian khusus,” jelas Theo.

Theo juga menambahkan, akan ada pemeriksaan rutin selama seminggu ke depan setelah Titi Wati berada di RSUD Doris Sylvanus untuk mengetahui keadaan organ vital lain, seperti ginjal.

“Hasil dari pemeriksaan rutin itu akan kami laporkan kepada tim dokter dari Bali. Jadi mereka bisa memantau perkembangan pasien sehingga mereka juga bisa memastikan kesiapan untuk dilakuan operasi,” ujar Theo.

Pemeriksaan rutin jelang operasi itu bertujuan agar tidak terjadi kontra indikasi pada organ vital dari pasien dan tidak membahayakan jiwa pasien. (AGUS/B-2)

Berita Terbaru