Berkas Perkara Kontraktor Pelaksana Proyek Desa Tanjung Jorong Rampung

  • Oleh Naco
  • 12 Januari 2019 - 10:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Berkas perkara Tambang, kontraktor pelaksana pekerjaan proyek Desa Tanjung Jorong, Kecamatan Tualan Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur rampung. Itu ditegaskan Kepala Kejari Kotim Wahyudi melalui Kasi Pidana Khusus Agung Hari Indrayuda Tama.

"Berkas perkara sudah kami nyatakan lengkap (P21)," kata Agung, Sabtu (12/1/2019). 

Artinya, perkara itu tinggal menunggu penyidik Polres Kotim yang menanganinya untuk melimpahkannya ke penuntut umum agar segera berproses ke Pengadilan Tipikor Palangka Raya.

Tambang merupakan tersangka ketigam di mana sebelumnya kasus ini sudah menyeret dua perangkat desanya yakni Ramses Gustika dan Ujang. Dalam perkara keduanya dijatuhi hukuman 4,5 tahun denda Rp200 juta subsider 4 bulan kurungan oleh hakim Pengadilan Tipikor Palangka Raya.

Dalam vonis itu selain pidana pokok dan denda mereka berdua juga diminta untuk mengembalikan kerugian negara sebesar Rp805 juta.

Sebelumnya mantan Penjabat (Pj) Kepala Desa, Ujang, yang juga merupakan sekretaris desa dan Ramses Gustika selaku bendahara desa Tanjung Jorong, Kecamatan Tualan Hulu, Kabupaten Kotim dituntut selama 5 tahun penjara oleh JPU denda Rp200 juta subsider 6 bulan kurungan penjara serta dibebankan uang pengganti Rp805 juta dengan batas waktu pembayaran selama 1 bulan.

Dalam kasus ini, keduanya harus meringkuk dijeruji besi setelah keuangan desa pada 2015-2016 alami kerugian mencapai Rp874,8 juta. Dana itu tidak bisa mereka pertanggungjawabkan saat desa tersebut mereka pimpin.(NACO/B-5)

Berita Terbaru