Penyaluran Pupuk Bersubsidi Harus Tepat Sasaran

  • Oleh Norhasanah
  • 12 Januari 2019 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Sekretaris Daerah (Sekda) Sukamara, Sutrisno mengharapkan agar penyaluran pupuk bersubsidi tepat sasaran.

“Penyaluran pupuk bersubsidi ini memang harus tepat sasaran, tepat harga, dan tidak palsu," kata Sutrisno, Sabtu (12/1/2019).

Menurut Sutrisno, pemerintah kabupaten akan melakukan pengawasan terhadap proses penyaluran pupuk hingga ke tingkat petani. Pengawasan akan dilakukan tim pengawas, agar penyaluran benar-benar sesuai dengan sasaran.

"Jadi kita sudah ada tim yang melakukan pengawasan pupuk bersubsidi ini, untuk memastikan sesuai dengan sasaran atau tidak," ujar Sutrisno.

Sebelumnya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sukamara, Irlan Kodriansyah meminta kepada agen pupuk bersubsidi agar penyaluran dilakukan sesuai dengan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) yang sudah disusun. 

"RDKK ini yang menyusun adalah kelompok karena mereka yang mengetahui kebutuhan pupuk pertahunnya itu berapa," kata Irlan Kodriansyah.

Irlan menuturkan, sebelum mendapatkan pupuk bersubsidi, agen penyalur harus menyiapkan RDKK yang sudah disusun tersebut. Setelah diproses maka baru pupuk bersubsidi bisa disalurkan kepada agen. 

"Dan agar pupuk yang disalurkan bisa memenuhi kebutuhan, maka dalam penyusunan harus melibatkan semua pihak, baik yang terkait dalam kelompok tani tersebut maupun Petugas Penyuluh Lapangan (PPL)." terang Irlan. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru