Media Sosial Sangat Membahayakan Generasi Muda

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 13 Januari 2019 - 08:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran mengungkapkan, media sosial saat ini sangat membahayakan generasi muda. Hal itu karena banyak konten di media sosial tidak mendidik jika salah menyikapinya. 

"Sebenarnya media sosial ini bagus saja. Namun karena banyaknya konten ataupun natizen yang membagikan postingan tidak mendidik, maka malah membahayakan generasi muda," ujar Sugianto, Sabtu (12/1/2019) malam. 

Ia mengatakan, medsos jika digunakan dengan bijak maka akan memberikan dampak positif bagi para penggunanya. Namun jika digunakan dengan salah, dan dipakai untuk menghujat, mengadu domba, dan lainnya, mka hal itu akan merusak ketentraman ditengah masyarakat. 

"Gunakan medsos dengan baik. Jangan sampai salah gunakan hingga menjadikan awal perpecahbelahan," kata Sugianto. 

Hal yang sama diungkapkan Waka Polda Kalteng Brigjen Pol Rikwanto. Ia mengatakan, medsos diciptakan untuk mempererat tali silaturahmi. Namun dalam perkembangannya digunakan untuk hal tidak baik. Seperti menyebar hoax, mengadu domba, memfitnah, dan saling hujat. Hal itu tentunya akan merusak keamanan dan ketentraman. 

"Yanh paling memprihatinkan itu adalah menyebar produk hoax. Dan ini harus ditangkal oleh pengguna medsos sendiri. Tanpa harus mempercayainya," terang Rikwanto. 

Dengan adanya hal itu, ia meminta kepada pengguna medsos agar selalu memeriksa berita yang sudah dibagikan para natizen. Sehingga bisa diketahui apakah itu berita benar atau produk jurnalistik atau tidak. Agar tidak terjerumus dalam berita kebohongan. (MUHAMMAD HAMIM/m

Berita Terbaru