Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Harus Aktif Lakukan Pendampingan terhadap Aparatur Desa

  • Oleh Naco
  • 13 Januari 2019 - 15:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur H Supriadi menegaskan kepada pemerintah daerah untuk aktif mendampingi para kepala desa dalam menggunakan anggaran dana desa.

Pendampingan dilakukan baik sejak perencanaan awal hingga pelaksanaan dan pelaporan secara administrasi.

Selain itu, pemerintah daerah juga mesti melakukan pendampingan secara profesional kepada pemerintah desa agar mereka tidak salah dalam menggunakan anggaran desa.

Bahkan ia sangat sepakat agar kepala desa dan perangkatnya ini terus diperkuat SDM-nya. Salah satunya melalui pengadaan pelatihan dan bimbingan  teknis dalam  penggunaan anggaran, guna mencegah adanya kesalahan dalam pelaporan dan pemanfaatan dana desa

“Kepada aparatur desa itu wajib dilakukan pembinaan dari perencanaan, pengannggaran, pelaksanaan hingga pelaporan dana desa, jangan biarkan kepala desa dan perangkatnya bekerja sendiri," kata Supriadi, Minggu (13/1/2019).

Begitu juga kepada seluruh kepala desa hendaknya rutin dilakukan monitoring dan evaluasi. Paling tidak 3 bulan sekali mesti dilakukan secara berkesinambungan.

Karena dengan ada monitoring dan evaluasi itu dapat diketahui jika ada kesalahan sehingga kesalahan itu dapat dicegah. Akan tetapi jika sebaliknya sama saja membiarkan mereka melakukan kesalahan.

"Penting sekali bimbingan itu, karena kita ingin dana desa itu bisa dirasakan dengan baik manfaatnya," tandasnya. (NACO/B-2)

Berita Terbaru