Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Permintaan Masyarakat Palangka Raya untuk Vaksin Rabies Cukup Tinggi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 14 Januari 2019 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Permintaan masyarakat Kota Palangka Raya terhadap vaksin rabies terus meningkat setiap tahunnya, tak terkecuali di awal tahun 2019 ini.

"Kita ada call center vaksin rabies. Tapi selain itu, kader kita juga membuat postingan di sosial media masing-masing sehingga ada masyarakat yang langsung menghubungi kader tanpa melalui call center dan itu jumlahnya banyak sekali. Kadang-kadang kader kita sampai kewalahan menanggapi tingginya permintaan," kata epala Seksi (Kasi) Kesehatan Hewan (Keswan), Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Palangka Raya, drh Eko Hari Yuwono, Senin (14/1/2019).

Menurut drh Eko, hal ini sebenarnya merupakan arah yang positif. Artinya, kesadaran masyarakat untuk memberikan vaksin rabies kepada peliharaannya juga semakin tinggi.

"Kita tahu bahwa rabies ini belum ada obatnya. Maka yang perlu kita lakukan adalah memvaksin hewan penular rabies (HPR) seperti kucing, anjing, dan kera. Makanya bagus kalau masyarakat kita animonya tinggi untuk mengikuti program vaksin rabies ini," tambahnya.

Sayangnya menurut drh Eko, tingginya animo masyarakat itu tidak sebanding dengan jumlah kader vaksinasi yang telah dilatih.

"Tahun lalu kita sudah latih puluhan orang untuk menjadi vaksinator. Sayangnya tidak semua mau bergerak. Beberapa mengundurkan diri, beberapa bahkan tidak ada kabarnya lagi. Yang tersisa hanya sedikit," bebernya.

Karenanya tahun 2019 ini pihak DKPP akan menggelar pelatihan tahap kedua dengan harapan ada kader-kader baru untuk vaksin rabies, dan benar-benar mau bergerak untuk memberikan vaksin gratis kepada masyarakat. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru