Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Barito Utara Prioritaskan Program Penguatan Pengolahan Lahan

  • Oleh Ramadani
  • 14 Januari 2019 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara memprioritaskan program penguatan pengolahan lahan di 2019. Hal itu merupakan salah satu program guna mencapai kesuksesan program pertanian daerah.

“Pengertian pengolahan lahan, petani tidak lagi mengerjakan lahan dengan melakukan pembersihan seperti dibakar, menanam, dan penggemburan tanah menggunakan cangkul. Penggemburan nantinya mengunakan traktor,” kata Kepala Dinas Pertanian Barito Utara, Setia Budi, Senin (14/1/2019).

Dia berharap, satu petani minimal memiliki dua hektar lahan yang sudah bebas dari bekas sisa tanaman di atas tanah. Sehingga traktor, mesin panen dan  alat tanam, bisa masuk dan dioperasikan.

Apabila petani memiliki dua hektare lahan yang siap olah dengan peralatan mesin pertanian, maka para petani akan dengan mudah mengelola lahan pertanianya. 

"Dengan alat mesin pertanian ini, mengolah satu hektare lahan hanya memakan waktu 3 - 4 jam dan sudah siap tanam," kata Setia Budi.

Dia mengharapkan para petani tidak lagi membayangkan cara-cara bertani seperti dulu, yakni mengeringkan lahan, dibakar, kemudian ditanam.

"Jadi pola yang sekarang bersihkan kemudian digarap dengan traktor,” pungkas dia. (RAMADHANI/B-11)

Berita Terbaru