Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nabire Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kapuas Keluarkan Surat Edaran Kesiapsiagaan Bencana

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 16 Januari 2019 - 10:06 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kepada Camat se Kabupaten Kapuas. 

Dalam Surat Edaran Nomor 360/482/BPBD/2019 tertanggal 10 Januari 2019 perihal kesiapsiagaan menghadapi bencana banjir, angin puting beliung dan cuaca ekstrim.

Bupati mengatakan dari hasil kajian resiko bencana dan peta rawan bencana Kabupaten Kapuas yang disusun oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas yang difasilitasi oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ada beberapa wilayah memiliki resiko bencana.

"Karena dari data itu ada dibeberapa kecamatan atau desa memiliki resiko tinggi terhadap bencana banjir, angin puting beliung dan cuaca ekstrim," ucap Ben Brahim kepada wartawan, Rabu (16/1/2019).

Dia mengatakan wilayah yang memiliki kerentanan tinggi terhadap banjir diantaranya di Kecamatan Mandau Talawang, Kapuas Hulu, Pasak Talawang, Kapuas Tengah, Mantangai, Dadahup dan Kapuas Murung.

"Sedangkan potensi bencana angin puting beliung terdapat hampir diseluruh wilayah pasang surut di Kabupaten Kapuas," ucapnya.

Dia berharap semua pihak terkait dapat memperhatikan surat edaran tersebut. "Agar saat terjadi hal yang tidak diinginkan bisa siap untuk meminamlisir resiko," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru