Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Batam Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota Fraksi Partai Golkar Dukung Penghapusan PBB bagi Warga Miskin

  • Oleh Naco
  • 16 Januari 2019 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Kotawaringin Timur, H Rudianur  menyarankan agar pemerintah daerah membebaskan pajak bumi dan bangunan bagi warga miskin.

"Kita harus melihat ekonomi masyarakat yang terjadi saat ini secara luas. Pemerintah daerah jangan terlalu bersemangat untuk mengejar masyarakat  kecil hanya untuk urusan uang receh," kata dia, Rabu (16/1/2019).

Menurut Ketua Komisi II itu, apabila melihat kondisi masyarakat saat ini sudah banyak yang kesulitan, maka dari itu hendaknya masyarakat miskin yang berpenghasilan rendah mendapatkan keringanan atau tidak dibebankan dari PBB yang dipungut.

"Perbandingannya, untuk membayar BPJS saja tidak mampu sehingga harus dibebankan kepada pemerintah daerah mulai tahun 2019 ini. Masa kita malah tagih dan kejar mereka masyarakat ini hanya untuk urusan uang segitu, kalau saya sepakat bebaskan saja dari tagihan PBB ini," tukasnya.

Ia menyarankan kalau mau PAD besar agar bisa ditingkatkan di sektor jasa, misalnya di daerah Bagendang itu pemerintah punya lahan sendiri, di mana itu jadi tempat bongkar muat barang dari pelabuhan dan semuanya wajib di arahkan ke sana. Dengan begitu maka di situ jadi pendapatan jangka panjang.

Rudianur mengkritisi pemerintah daerah saat ini sangat bersemangat untuk menarik dan mengejar PAD Kotim dari pajak masyarakat. Sehingga pemerintah daerah tidak pernah berpikir untuk merancang bagaimana agar daerah dapat uang dari sektor lain yang setiap tahun dengan jumlah besar.(NACO/B-2)

Berita Terbaru