Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Diminta Beri Perhatian Khusus Terhadap DBD

  • Oleh Naco
  • 16 Januari 2019 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit- Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur diminta memberikan perhatian khusus terhadap demam bedarah dengue (DBD).

Permintaan itu disampaikan Sekretaris Komisi III DPRD Kotim Hero Harapanno Mandouw saat ditemui wartawan, Rabu (16/1/2019).

Ia menuturkan, Pemkab Kotim hendaknya lebih rutin melakukan pengasapan atau fogging di kawasan rawan yang berpotensi endemis DBD.

"Pemkab dalam rangka pencegahan DBD hendaknya lebih mengutamakan daerah yang rawan. Apalagi kasus DBD ini menjadi siklus tahunan," katanya.

Politisi Partai Demokrat ini mengatakan, fogging harus dilakukan secara rutin dan terus-menerus. Tidak hanya cukup sekali pada saat musim DBD saja.

Meski begitu, fogging tidak akan maksimal hasilnya jika jentik-jentik nyamuk tetap dibiarkan berkembang biak. Artinya, warga harus melakukan pencegahan sendiri dengan menguras bak mandi dan menutup genangan air yang menjadi tempat bertelurnya nyamuk. 

"Lingkungan yang bersih salah satu  indikator mendasar untuk terhindar dari  DBD ini. Makanya kami meminta agar pemkab memantau kasus DBD yang  sudah mulai terjadi di Kotim," tandasnya.

Ia juga meminta pemkab rutin mengimbau masyarakat untuk membersihkan lingkungan sekitar agar terhidar dari gigitan nyamuk yang mematikan tersebut. (NACO/B-3)

Berita Terbaru