Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tojo Una-Una Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembangunan Bidang Kesehatan Tanggungjawab Bersama

  • Oleh Uriutu
  • 16 Januari 2019 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Pembangunan di bidang kesehatan merupakan tanggungjawab semua elemen. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Barito Selatan (Barsel), Djulita K Palar, Rabu (16/1/2019).

“Pembangunan kesehatan tersebut salah satu program prioritas pemerintah daerah yang selaras dengan program Millennium Development Goals (MDGs),” kata Djul, sapaan akrabnya. 

Ia mengatakan, peran semua pihak sangat besar, sebab tidak mungkin target MDGs dapat tercapai tanpa kerjasama antara semua komponen baik pemerintah petugas kesehatan maupun masyarakat. 

Untuk mencapai target MGDs, lanjut dia, sedikitnya delapan target yang harus dipenuhi. Target tersebut yakni, bidang kemiskinan, pendidikan dasar dan kesetaraan gender.

Serta, lanjut dia, kematian bayi dan anak, peningkatan kesehatan ibu, penurunan penyakit HIV, malaria dan TBC, akses air bersih serta lingkungan sehat.

Untuk memenuhi target tersebut, peran serta semua elemen untuk saling bahu membahu sangat diharapkan. Sehingga targetnya benar-benar tercapai. “Dengan begitu penyelenggaraan pembangunan di bidang kesehatan bisa terwujud dan masyarakat bisa sejahtera sehat dan mandiri,” ucap dia. 

Ia menambahkan, hanya saja dalam pelaksanaan program ada beberapa kendala antara lain jumlah dan mutu tenaga kesehatan yang belum memenuhi kebutuhan, minimnya pembiayaan kesehatan dan masyarakat miskin yang belum sepenuhnya terjangkau dalam pelayanan kesehatan.  (URIUTU DJAPER/B-2)

Berita Terbaru