Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Balai POM RI Siap Uji Produk Tradisional Kalteng

  • Oleh M Habibie
  • 16 Januari 2019 - 17:06 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Balai POM RI siap membantu melakukan pengujian cek prodak  tanaman herbal, akar, kayu-kayuan, daun   yang dijadikan obat tradisional (jamu)  teregister di BPOM. Selain obat tradisional juga  produk  olahan makanan di buat oleh UMKM  agar bisa  mendapat kode registrasi.

Pasalnya,  ini penting agar konsumen yang membeli  tidak was-was menggunakan  obat tradisional yang marak diperjualbelikan. Selain  bermanfaat bagi  Usaha Mikro  Kecil Menengah (UMKM) agar tidak ragu mengeluarkan produk yang  mereka buat, konsumen juga tidak was-was dalam membeli dan menggunakan produk olahan itu.

“Bila ada pengakuan Badan Pengawas Obat Makanan (BPOM), prodak bisa  dijual di seluruh  provinsi di Indonesia. Bahkan sampai mancanegara pemasarannya,” kata Kepala Balai POM RI Penny  K Lukito  dalam pertemuan dan audensi berserta jajaran pejabat lingkup Provinsi di  Aula  Eka Hapakat Lt III Kantor Gubernur,  Rabu (16/1/2019).

Kedatangan Balai POM RI,  jelas Penny,  selain melakukan kunjungan kerja (kunker)  ke Palangka Raya, Kalimantan Tengah,  ingin  meningkatkan pengawasan obat dan makanan. BPOM ingin seluruh produk olahan  obat, makanan  bisa memenuhi standar  dan keamanan penggunanya.

Tentu berharap kedatangan ini, ditindaklanjuti  dengan BPOM Palangka Raya agar hubungan dengan  pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota semakin terjalin. 

“Jajaran BPOM siap menurunkan  personelnya baik pengawasan produk obat dan makanan. Juga pengujian obat-obatan tradisional,” kata Penny.

Sebelumnya, rombongan Balai POM melakukan kunjungan  ke MTSN I Palangka Raya  terkait program  keamanan pangan  kantin sehat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng  Fahrizal Fitri mengatakan, Kalimantan Tengah terkenal dengan mitos dan khasiat obat tradisonalnya. Banyak produk olaharan rumah tangga terutama obat tradisional mampu menyembuhkan semua penyakit. Banyak produk olahan rumah tangga dilakukan masyarakat Kalteng  Suku Dayak.

Dengan label kemasan sederhana dibungkus plastik atau ditaruh di botol  didalam berisi  akar kayu, batang dan daun. Dimana  bisa Akar  Seluang Belum, Akar Pasak Bumi dan lainnya. Produk sederhana ditulis  di bagian luar kertas mampu menyembuhkan segala penyakit dari A sampai Z.

“Ini perlu pengujian dari BPOM karena akar, kayu memang diambil murni dari dalam hutan,   Dan perlu pengujian apa memang betul-betul berkhasiat seperti pada kemasan lebel,” kata Fahrizal. (PP/HABIBI/B-2)

 

Berita Terbaru