Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Indramayu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puluhan Karyawan Sambangi Kantor PT BAK Tagih Gaji dan THR

  • Oleh Ramadani
  • 16 Januari 2019 - 17:48 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh– Puluhan karyawan lapangan yang merupakan perwakilan dari sekitar 400 pekerja lainnya mendatangi kantor PT Berjaya Agro Kalimantan (BAK), Selasa ( 15/1/2019).

Kedatangan mereka untuk menagih janji perusahaan kelapa sawit itu dalam hal pembayaran gaji dan tunjangan hari raya (THR). Dua hak karyawan tersebut hingga kini belum dibayar.

Namun, kedatangan para karyawan tidak membuahkan hasil. Karena pihak manajeman perusahaan tidak menampakan batang hidung mereka. Hal ini membuat para karyawan makin geram dan kesal.

Perwakilan karyawan, Apri, mengungkapkan bahwa pihaknya mendatangi kantor PT BAK untuk bertemu dengan pimpinan perusahaan sesuai dengan agenda yang tertunda pada 11 Januari 2019. Tujuannya untuk menghitung sisa gaji, THR, dan pesangon bagi karyawan yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Sebelumnya, para karyawan juga mendatangi Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Koperasi dan UMKM Barito Utara. Namun tidak juga mendapati manajemen PT BAK.

Bukan hanya karyawan laki-laki, terlihat pula perempuan dan anak-anak. Mereka berkerumun di depan kantor PT BAK, bahkan ada yang nekat masuk ke dalam, namun kantor kosong.

“Kami datang ke sini  karena ada janji tanggal 11 Januari ada penghitungan. Tetapi ditunda lagi sampai hari ini. Ternyata tidak ada seorang pun di sini,” ujar Apri.

Menurut dia, pihaknya kecewa dan cenderung tidak percaya terhadap janji PT BAK. Karena para karyawan hanya ingin menuntut hak yaitu gaji selama tiga bulan dan THR segera dibayar. 

“Setelah kami tiba di Muara Teweh, kabarnya diundur lagi dua minggu. Pada 29 Januari nanti baru dilakukan penghitungan dan jadwal pembayaran,” ucapnya. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru