Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Binaan Lapas Palangka Raya Jalani Perekaman E-KTP

  • Oleh Budi Yulianto
  • 17 Januari 2019 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palangka Raya menjalani perekaman E-KTP di Lapas setempat, Kamis (17/1/2019).

Perekaman tersebut dilakukan agar mereka yang memiliki hak pilih dapat memberikan suaranya pada Pemilu 2019.

"Yang dilakukan perekaman berasal dari warga Palangka Raya," kata Kepala Lapas, Syarif Hidayat.

Ia menuturkan, para WBP sangat antusias menjalani perekaman tersebut. Menurutnya, jumlah pemilih di Lapas untuk Pemilu 2019 mengalami peningkatan dibanding saat pemilihan kepala daerah 2018 lalu.

Pantauan borneonews.co.id, proses perekaman E-KTP dilakukan oleh petugas dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palangka Raya. Kegiatan tersebut juga dihadiri perwakilan dari KPU dan Bawaslu kota setempat.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Palangka Raya, Endrawati mengatakan, perekaman tersebut dilakukan serentak se Indonesia mulai tanggal 17 sampai dengan 19 Januari.

"Kami melakukan pengawasan memastikan bahwa Disdukcapil melakukan perekaman terhadap warga binaan," kata Endrawati.

"Jumlah yang akan direkam awalnya 178 pemilih. Setelah dicek ternyata ditemukan yang ada NIKnya 95 orang dan yang belum ditemukan NIknya 83 orang. Dari 95 orang yang ada NIKnya, 44 orang belum melakukan rekaman dan 51 orang sudah melakukan perekaman," tuturnya sembari menambahkan bahwa tujuan perekaman adalah untuk pemenuhan hak konstitusional narapida dalam Pemilu 2019. (BUDI YULIANTO/B-2) 

Berita Terbaru