Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bandara Iskandar Sudah Tidak Bisa Dikembangkan Lagi, Komisi V DPR RI Dukung Pembangunan Bandara Sebuai

  • Oleh Wahyu Krida
  • 17 Januari 2019 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Ketua tim kunjungan kerja spesifik Komisi V DPR RI ke Kabupaten Kobar Ibnu Munzir mengatakan, setelah melihat kondisi Bandara Iskandar yang sudah tidak bisa lagi dikembangkan, berjanji akan membantu dan mendorong agar pembangunan Bandara Sebuai bisa terealisasi.

"Pembangunan bandara baru di wilayah Sebuai juga menjadi salah satu komitmen kita untuk dibantu agar bisa terealisasi," jelas Ibnu usai meninjau infastruktur jalan dan transportasi di Kobar, Kamis (17/1/2019).

Pasalnya, lanjut Ibnu, saat ini Bandara Iskandar sudah tidak bisa lagi dikembangkan. 

"Bila runway yang saat ini sepanjang 2100 meter diperpanjang juga tidak bisa lantaran di bagian depannya ada jurang. Padahal agar pesawat berbadan lebar bisa mendarat, diperlukan runway minimal 2600 meter sampai 3200 meter. Kondisi yang ada saat ini sudah mentok tidak bisa dikembangkan lagi," jelas Ibnu.

Terkait status kawasan Bandara Sebuai menurutnya saat ini sudah tidak ada masalah.

"Karena ada sebagian lahan yang masih berstatus  Hutan Produksi. Untuk pembahasan alih fungsinya biasanya dilakukan komisi IV. Tapi hasil kunjungan kita saat ini akan tentunya akan dijadikan pertimbangan untuk perubahan atau alih fungsi kawasan dalam proses pembangunan bandara tersebut," terangnya.

Menurut Ibnu, banyak sekali manfaat yang terjadi bila bandara baru tersebut terealisasi.

"Melihat potensi yang ada di Kobar ini kita sangat terkesan. Dengan adanya bandara baru, Kabupaten Kobar bisa jadi pengaman pertumbuhan ekonomi yang mampu menimbulkan efek positif di wilayah sekitar," jelas Ibnu. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru