Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Utara Sampaikan Progres Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa

  • Oleh Ramadani
  • 17 Januari 2019 - 20:46 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh -  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Utara menyampaikan progres pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah (PBJP), dalam kick off penandatanganan kontrak PBPJ serentak se-Kalimantan Tengah tahun 2019, Kamis (17/1/2019).

Kick off itu dipimpin Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, yang bertatap muka dengan pemerintah kabupaten melalui video conference.

Sugianto Sabran mengatakan, kick off ini sebagai momen strategis penanda dimulainya pelaksanaan program dan kegiatan di awal tahun anggaran.

Kemudian, untuk meningkatkan koordinasi, sinergitas dan sinkronisasi seluruh stakeholder, terhadap pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah. 

Sugianto juga berharap kegiatan ini dapat mendorong percepatan ekonomi di Kalimantan Tengah.

"Mari kita bersama-sama agar supaya perekonomian berjalan cepat di triwulan pertama. Kejaksaan Negeri, Polri, KPK, BPK RI, dan BPKP agar mengawasi setiap tetes anggaran pada pelaksanaannya nanti," ujarnya.

Sementara, Bupati Barito Utara, Nadalsyah mengatakan, semua perangkat daerah melakukan proses awal pengadaan barang/jasa, mulai dari pemaketan, penyusunan dan pengumuman rencana umum pengadaan (RUP). 

Sampai saat ini, baru sebagian perangkat daerah yang mengumumkan RUP. Dan selambat-lambatnya ditargetkan di Januari ini, semua RUP harus sudah dimumumkan.

Sehingga tidak ada pengadaan barang dan jasa pemerintah yang terlambat atau tidak bisa dilaksanakan karena keterlambatan lelang. Keterlambatan pengumuman RUP pada umumnya karena perubahan SPSE ke versi 4.3 yang membutuhkan penyesuaian dan pemahaman melalui sosialsasi.

Pemkab terus menerus berupaya meningkatkan percepatan dan kualitas pengadaan barang dan jasa, untuk akselerasi realisasi penyerapan anggaran. (RAMADHANI/B-11)

Berita Terbaru