Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Berharap Pertamina Bikin Diesel 100 Persen Sawit 

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 18 Januari 2019 - 13:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah melalui Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan berharap PT Pertamina dapat menghasilkan minyak diesel berbasis minyak sawit dengan kandungan hingga 100 persen, sehingga dapat menyerap stok minyak sawit nasional cukup signifikan.

Menurut Jonan, Pertamina sejauh ini baru menghasilkan minyak diesel dengan serapan minyak diesel sebesar 7,0 persen. Hal itu diungkapkan Jonan ketika berkunjung ke kilang milik Pertamina di Plaju, Palembang, Kamis (17/1/2019).

Untuk diketahui, Pertamina sejauh ini sudah mencampur bagian dari minyak kelapa sawit untuk dijadikan minyak diesel yang ramah lingkungan dalam produk B20 dan juga memnghasilkan produk baru yang memanfaatkan kernel oil dan residu.

"Nanti akan dibangun unit lain yang seratus persen menggunakan minyak sawit," sebut Jonan.
  
Ia mengatakan pemerintah sangat mendorong inisiatif dari Pertamina ini, selain mengurangi gas buang juga dapat menekan impor BBM, karena sementara ini Indonesia masih mengimpor sekitar 400.000 barel per hari.

Jika Pertamina dapat mewujudkan apa yang diharapkan pemerintah, langkah itu dapat meningkatkan ketahanan energi nasional.  

Minyak sawit yang selama ini diekspor, diharapkan dapat diserap di dalam negeri sendiri karena produksinya sangat berlimpah. Selain itu, yang terpenting adalah telah terjadi perubahan di Pertamina, yakni dari sebatas mengolah energi fosil menjadi energi terbarukan.   

Sementara itu, Direktur PT Pertamina Nicke Widyawati mengatakan bahwa Pertamina sudah menghasilkan produk bio diesel (B20) yang menggunakan campuran diesel dari minyak sawit.

Pertamina memiliki dua kilang di Palembang, yakni Kilang Plaju dan Kilang Sungai Gerong, yang sudah mampu memanfaatkan kernel oil atau produk turunan dari CPO dicampurkan dengan residu.

Ia juga menjanjikan bakal memproduksi minyak diesel yang sudah memiliki kandungan 100 persen minyak sawit di kilang RU III Palembang, yang unitnya akan dibangun pada 2019. Sedangkan untuk produk dari bahan kernel oil juga akan dibuka di Kilang Balikpapan, Kilang Balongan dan Kilang Cilacap. (NEDELYA RAMADHANI/m)


 

Berita Terbaru