Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bungo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Karet di Katingan terus Anjlok

  • Oleh Abdul Gofur
  • 18 Januari 2019 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Harga getah karet di tingkat petani di Kasongan Kabupaten Katingan hingga saat ini masih anjlok.

Karena harganya murah, petani atau pemilik kebun karet sementara waktu istirahat menyadap getah karet itu.

Menurut petani karet di Kasongan yang ditemu borneonews.co.id Jumat (18/1/2019) sudah sejak lama sekitar dua tahun terakhir ini harga getah karet itu dihargai murah oleh pengepul atau tengkulak.

"Dari dua tahun lalu sampai sekarang ini harga getah karet yang dibeli pengepul tidak pernah lebih dari Rp5 ribu per kilogram. Kalau tidak Rp5 ribu biasanya mereka hanya berani mematok Rp5.500 per kilogramnya," tutur Rudin, salah seorang pemilik kebun karet di Kasongan.

Menurutnya, seiring harga getah karet yang masih anjlok ini membuat ia dan pemilik kebun karet terutama di Kasongan sejauh ini enggan atau tidak lagi menyadap batang karetnya.

Rudin mengaku tidak tahu mengapa selama ini harga getah karet masih anjlok. "Kalau memang harganya menyesuaikan dolar, kenapa saat rupiah anjlok beberapa waktu lalu harga getah karet kita tetap saja dihargai murah," keluhnya.

Untuk itu ia berharap kepada pemerintah daerah untuk membantu mencari solusi agar harga getah karet ini kedepannya normal kembali.

"Sebenarnya kalau parbik karet itu tidak terlalu jauh dari Kasongan, yaitu berada di Km45 Palangkaraya, tapi meski sudah ada pabriknya harga karet ditingkat petani tetap saja dihargai murah," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru