Aplikasi Sistem Pemetaan Suara Pemenangan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bau Busuk Bunga Bangkai Hebohkan Warga Beringin Rindang

  • Oleh Wahyu Krida
  • 19 Januari 2019 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Tumbuhnya bunga bangkai di Perumahan Beringin Rindang, Gang Pepaya RT 08, Desa Pasir Panjang, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menghebohkan warga sekitar.

Menurut Misriyadi, Sabtu (19/1/2019) warga yang di samping rumahnya tumbuh bunga bangkai tersebut, awalnya ia mengira ada bangkai ayam berada di dekat rumahnya.

"Karena bau yang ditimbulkan oleh bunga tersebut mirip bau busuk bangkai ayam. Setelah saya mencari asal bau tersebut, ternyata saya melihat ada bunga bangkai yang tumbuh di lokasi yang menjadi asal bau busuk tersebut. Kawanan lalat juga banyak berkerumun di dekat bunga tersebut," jelas Misriyadi.

Menurut Misriyadi, saat ini bunga tersebut sudah mulai mekar dengan tinggi dan lebar mencapai 30 cm.

"Banyak juga warga yang datang untuk melihat bunga langka tersebut. Bahkan ada juga yang menyempatkan untuk berswafoto di dekat bunga," jelasnya. 

Misriyadi mengatakan bahwa dirinya juga sudah melaporkan keberadaan bunga tersebut pada Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalteng. 

“Saya sempat mencari data-data di internet, sepertinya bunga tersebut masih akan tumbuh  hingga 10 hari. Setelah mati, bunga tersebut kembali menimbulkan bau busuk,” ujarnya.

Terpisah, Kepala SKW II BKSDA Kalteng Agung Widodo mengatakan pihaknya akan melakukan pengecekan terhadap penemuan bunga bangkai itu.

"Karena di wilayah Kalteng sangat jarang ditemui tumbuhnya bunga tersebut. Setelah pengecekan dilakukan, nantinya akan kita sampaikan jenis apa bunga bangkai tersebut," jelas Agung. (WAHYU KRIDA/B-2)
 

Berita Terbaru