Data Penduduk Miskin Harus Rutin Diperbaharui

  • Oleh Naco
  • 20 Januari 2019 - 10:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua Komisi III DPRD Kotawaringin Timur, Sarjono meminta agar data kependudukan masyarakat miskin harus selalu diperbarui. 

Data valid akan sangat membantu pemerintah daerah, dalam hal menentukan kebijakan terkait dengan pengentasan kemiskinan.

Sarjono mengakui, kemiskinan penduduk di Kotim ini memang tidak terlihat secara kasat mata. Terutama di sekitar perkotaan.

"Sebenarnya jika masyarakat itu ingin berinovasi, maka kemiskinan bisa ditekan seminimal mungkin," kata Sarjono, Minggu (20/1/2019)

DIa menambahkan, jika mencari standar penduduk miskin seperti di pulau Jawa, maka di Kotim sulit ditemukan. Sebab, penduduknya rata-memiliki rumah yang layak huni dan memiliki pekerjaan.

Dari itu, dia meminta kepada dinas teknis agar data penduduk miskin itu selalu di-update. Pemerintah jangan sepenuhnya berharap dari satu sumber data, tapi harus ada data pembanding. 

"Dari data itu nanti bisa disinergikan dengan kades dan lurah untuk menginventarisasi data penduduk miskin," tegas Sarjono

Upaya mengentaskan kemiskinan ini tidak hanya tugas pemerintah daerah semata. Namun harus melibatkan semua pihak, baik swasta dan lain sebagainya. Seperti menyediakan lapangan kerja. (NACO/B-11)

Berita Terbaru