Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bulukumba Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Seleksi Pegawai Kontrak akan Sama dengan Tes CPNS

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 21 Januari 2019 - 15:56 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Seleksi pegawai kontrak di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) akan sama dengan tes saat penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS), yakni melalui sistem computer assisted test (CAT). 

"Jadi nantinya tes kurang lebih saja dengan tes CPNS, dan semuanya merupakan aturan dari pusat," ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kotim Alang Arianto, Senin (21/1/2019). 

Tidak hanya itu, ketersediaan formasi pegawai kontrak juga ditentukan pusat. Mekanismenya juga sama dengan CPNS, yakni pemerintah kabupaten mengusulkan lebih dulu, dan persetujuan ditentukan pusat. 

"Jadi kita tidak bisa sembarangan dalam perekrutan, namun harus ada formasi dan juga tes yang diselenggarakan," kata Alang. 

Namun, kata Alang, jika CPNS dapat gaji pensiun sedangkan pegawai kontrak tidak dapat. Dan masa kerja mereka juga sesuai dengan tanda tangan kontrak.

"Yang membedakan hanya status ikatan kerja saja. Sedangkan mulai dari pengusulan, dan tes, serta pemberkasan, tetap sama," ungkap Alang. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru