Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mahakam Ulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

55 Relawan Demokrasi Pemilu 2019 di Katingan Ikuti Bimtek

  • Oleh Abdul Gofur
  • 22 Januari 2019 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Kasongan-  Sebanyak 55 Relawan Demokrasi pemilu 2019 di Kabupaten Katingan mengikuti bimbingan teknis (bimtek) yang digelar KPU di salah satu hotel di Kota Kasongan, Selasa (22/1/2019).

Ketua KPU Katingan Usman Sitepu mengungkapkan, 55 relawan itu sebelumnya telah dinyatakan lulus proses rekrutmen. Mereka direkrut demi menyukseskan pemilu pada 17 April 2019.

"Hari ini kita melaksanakan bimbingan teknis terhadap 55 relawan demokrasi untuk pemilu 17 April 2019 mendatang," kata Usman Sitepu.

Menurutnya, relawan demokrasi merupakan mitra KPU Katingan dalam meningkatkan partisipasi dan kualitas penyelenggaraan pemilu. Serta meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi.

Kemudian meningkatkan kesukarelawanan masyarakat sipil dalam agenda pemilu dan demokrasi. Relawan demokrasi bertugas sejak Januari 2019 selama tiga bulan ke depan.

Usman melanjutkan, relawan demokrasi merupakan gerakan sosial yang dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilih. Dengan melibatkan peran masyarakat seluas-luasnya sebagai pioner atau pelopor demokrasi di komunitasnya. 

"Harapan kami kesadaran masyarakat meningkat serta tanggung jawab penuh untuk menggunakan haknya dalam pemilu secara optimal," ucap Usman Sitepu. (ABDUL GOFUR/B-3)

Berita Terbaru