Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bintan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Perikanan Kapuas Berdayakan Pembudidaya Ikan Lele dengan Sistem Bioflok

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 23 Januari 2019 - 14:02 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Salah satu upaya dari Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas dalam meningkatkan produksi perikanan ialah dengan cara memberdayakan pembudidaya ikan jenis lele dengan sistem Bioflok, sehingga dapat menjadi pilihan nantinya dalam mengembangkan usaha dari sektor perikanan tersebut.

Kepala Dinas Perikanan Kapuas Darmawan melalui Kasubag Umum dan Perencanaan Samudi mengatakan pemberdayaan para pembudidaya ikan dengan sistem bioflok dilakukan dalam sebuah kelompok.

"Bioflok ini merupakan salah satu sistem. Pemberian bibit lele yang ada di dalam kolam bundar dan tidak menyusahkan, sangat praktis, karena kolam berlapis terpal yang tidak mudah rusak dan produksi ikan lebih tinggi daripada kolam galian tanah," ucap Samudi, Rabu (23/1/2019).

Selain itu proses pembersihan dan pengeringan kolam terpal lebih cepat dibanding kolam yang berada di atas tanah. Adapun hasil panen ikan lele nantinya dikelola oleh kelompok yang mana berasal dari bantuan pemerintah. 

"Penerimaan bantuan tersebut 30 Ribu ekor bibit ikan lele untuk sepuluh kolam, dimana satu kolam diisi 3.000 bibit," ungkapnya.

Dia menjelaskan budidaya ikan lele sistem bioflok merupakan salah satu bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Masa pemeliharaan selama tiga bulan, dan sudah dipanen pada minggu kedua kemaren, dengan hasil yang maksimal," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru