Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bolmong Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dihantam Ombak Besar, KM Kirana I Tujuan Semarang Kembali ke Sampit

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 23 Januari 2019 - 16:38 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dihantam ombak besar setinggi 3 meter saat berlayar menuju Semarang, KM Kirana I, akhirnya harus putar haluan kembali ke Pelabuhan Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Hal itu dilakukan guna menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan. 

"KM Kirana I tujuan Semarang harus putar haluan, karena ombak besar. Dan alhamdulillah bisa selamat hingga kembali ke Pelabuhan Sampit pada Rabu (23/1/2019) sekitar pukul 07.00 WIB," ujar Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sampit Thomas Chandra. 

KM Kirana I berangkat pada Senin (21/1/2019) sekitar pukul 23.00 WIB. Setelah berlayar sekitar 82 mil dari muara Sungai Mentaya, tiba-tiba ombak besar menghantam kapal tersebut. 

Sehingga kapal inipun menginformasikan kepada penumpang yang saat itu berjumlah 220 orang, untuk berlayar kembali ke Pelabuhan Sampit. Dan hal itupun disetujui oleh semua penumpang, karena takut terjadi hal yang tidak diinginkan jika pelayaran diteruskan. 

"Semua penumpang selamat, dan 26 buah berbagai macam kendaraan juga aman hingga datang ke Pelabuhan Sampit ini," ungkap Thomas. 

Sebelum berangkat kondisi cuaca masih aman untuk berlayar. Namun setelah berada di perjalanan ternyata cuaca berubah. Hingga ombak mencapai 3 meter. 

Mendapati kondisi tersebut, maka nahkoda memutuskan untuk putar haluan. Apalagi dari pantauan pihaknya, ombak bertambah besar dan sangat tidak memungkinkan untuk meneruskan pelayaran. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru