Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mojokerto Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KSOP Apresiasi Keputusan Nahkoda KM Kirana I  Balik ke Pelabuhan Sampit

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 23 Januari 2019 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sampit Thomas Chandra, mengapresiasi keputusan nehkoda KM Kirana I untuk putar haluan ke Pelabuhan Sampit, demi keselamatan para penumpang. 

"Keputusan nahkoda tersebut patut diapresiasi, karena demi keselamatan penumpang dan pelayaran, mereka harus kembali ke Pelabuhan Sampit, walaupun perjalan sudah 82 mil dari muara Sungai Mentaya," ujar Thomas, Rabu (23/1/2019). 

Apresiasi tersebut diberikannya, karena tidak jarang kapal meneruskan pelayarannya demi keuntungan perusahaan. Namun apa yang dilakukanoleh pihak KM Kiran untuk balik kembali, meskipun mengalami kerugian dapat menjadi contoh. 

"Memang gelombang tiga meter ini masih bisa dilanjutkan pelayaran. Namun sangat berbahaya, karena akibat hantaman ombak, kendaraan yang diangkut bisa saja bergeser. Sehingga akan membuat kapal tidak stabil nantinya," ungkap Thomas. 

Dirinyapun mengungkapkan, saat ini kondisi di laut jawa sedang mengalami ombak yang cukup tinggi. Dan berbahaya bagi pelayaran baik kapal besar maupun kecil.

Sementara KM Kirana I sendiri mengakut sebanyak 220 orang penumpang, dan 26 buah kendaraan baik motor, mobil, maupun truk. Saat ini kapal sudah sender di Pelabuhan Sampit, dan belum diketahui kapan akan berangkat kembali. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru