Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bima Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

ASN Kemenag Dapat Tunjangan Kerja

  • Oleh Ramadani
  • 23 Januari 2019 - 20:46 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh  - Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimatan Tengah, Abdurahman didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Barito Utara H Tuaini, Rabu (23/1/2019) mengatakan berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) bahwa semua Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama (Kemenag) mendapatkan tunjangan kinerja termasuk guru dan dosen.

“Akan tetapi bagi guru dihitung selisihnya berdasarkan sertifikasi yang sudah terima. Sehingga guru yang dianggap memenuhi kriteria dapat tunjangan profesi dan tunjangan kinerja berdasarkan kinerja yang telah ditetapkan oleh Kementerian Agama sehingga semua ASN di Kemenag itu akan ada penambahan kesejahteraan berdasarkan kinerja,” jelasnya.

Ia menjelaskan, yang menerima tunjangan kinerja ini adalah guru ASN/PNS di Kemenag di semua jenjang pendidikan. Untuk hitungannya berdasarkan kirnerja guru yang bersangkutan, berdasarkan pangkat dan berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan.

“Tunjangan kinerja tersebut dihitung berdasarkan pangkat dan golongan termasuk masa kerja. Jadi sudah ada hitungan dan ketentuan yang ditetapkan oleh Kemenag dalam pembayaran tunjangan kinerja dan profesi ini,” katanya..

Ia menjelaskan, setiap guru yang menerima tunjangan kinerja ini tidak sama, karena hal tersebut berdasarkan kinerja, kalau yang bersangkutan tidak masuk kerja akan dihitung per hari, bahkan per menit, dan bisa dikomulatifkan dan pada akhirnya apabila melanggar aturan maka akan dikenakan PP 53 tentang disiplin pegawai.

Sementara itu, Kepala Kemanag Barito Utara, H Tuaini Ismail berharap guru jangan hanya menonjolkan haknya saja, akan tetapi kewajiban yang perlu didahulukan.

“Karena saat sertifikasi dulu, merupakan kebanggaan bagi guru, artinya mendadak menerima uang banyak, akan tetapi praktek, pekerjaannya masih kurang,” kata Tuaini. (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru