Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Murung Raya Terus Perketat Pengawasan Anggaran Desa

  • Oleh Trisno
  • 23 Januari 2019 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Murung Raya (Mura) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) setempat akan terus meningkatkan pengawasan penggunakan anggaran yang masuk ke desa.

Kepala Dinas PMD Kabuapaten Mura, Drs Sarwo Mintarjo melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan dan Desa, Dommy Joan Eka Dinata mengatakan, pengawasan baik terhadap Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD) di 2019 ini ditingkatkan dengan memfokuskan koordinasi dan pembinaan terhadap pemerintahan desa.

Pihaknya akan monitoring ke seluruh desa dengan menggandeng Insfektorat. Serta akan melakukan sosialisasi kepada masing-masing Kepala Desa terkait penggunaan DD maupun ADD.

“Pengawasan dilakukan mulai dari proses pencairan, hingga pengalokasian penggunaannya. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mencegah terjadinya persoalan ADD dan DD di 116 desa yang ada di Kabupaten Mura,” Kata Dommy Joan Eka Dinata, belum lama ini.

Tahun 2019 ini kucuran dana dari pemerintah pusat (DD) berjumlah Rp 123.560.091.000. miliar, Sedangkan untuk dana ADD dari pemerintah daerah setempat berjumlah Rp 809.062.909.00. miliar.

“Artinya dana DD untuk tahun 2019 ini lebih meningkat. Hampir Rp 23 miliar bertambahnya DD tahun ini dibandingan tahun 2018 lalu,” ungkapnya.

Sebab itu perlu pengawasan agar DD dan ADD yang tujunnya untuk membangun desa. Serta meningkatkan perekonomian masyarakat tersebut, pihaknya kerap melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan, agar program pembangunan desa melalui  DD dan ADD berjalan sukses dan tidak menimbulkan masalah dikemudian hari.

“Maka dari itu, baik pihak DPMD ataupun kecamatan, sama-sama melakukan pengawasan penggunaannya agar dalam hal pengelolaan anggaran harus dilakukan secara efektif, terbuka, transparan dan akuntabel,” katanya. (TRISNO/B-5)

Berita Terbaru