Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Hulu Sungai Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pilihkan Sekolah Terdekat untuk Anak-Anak

  • Oleh Testi Priscilla
  • 24 Januari 2019 - 10:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Orang tua di Kota Palangka Raya diminta memilihkan sekolah terdekat untuk anak-anaknya. Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Hj Mukarramah.

"Kalau kita mau menerapkan sistem anak-anak ke sekolah menggunakan sepeda, tidak diantar orang tua, maka harus dipilihkan sekolah yang paling dekat dengan rumah untuk anak-anaknya. Ini juga kan sesuai zonasi yang selama ini diterapkan," kata Mukarramah, Kamis (24/1/2019).

Dia mengatakan, saat ini pilihan untuk anak-anak bersepeda ke sekolah agak beresiko mengingat jalan raya sudah sangat ramai. Tidak seperti beberapa tahun lalu.

"Memang jika diaplikasikan dalam kondisi saat ini agar riskan ya. Karena untuk Kota Palangka Raya sendiri sarana dan prasarana pendukung bersepeda, sepeda jalur sepeda di jalan dan rambu-rambu di jalan bagi pengguna sepeda masih belum tersedia," jelas Mukarramah.

Jika ingin menerapkan pola bersepeda untuk anak-anak ke sekolah juga, maka akan banyak pekerjaan rumah untuk dikerjakan Komisi C, terutama untuk perlindungan dan keselamatan anak-anak di jalan.

"Ini yang perlu menjadi catatan. Kami akan coba koordinasikan kepada pihak terkait apakah sarana penunjang bagi pengguna sepeda bisa disediakan di Kota Palangka Raya," katanya.

"Jika melihat kota besar seperti Jakarta dan Bandung kan sudah mempunyai jalur khusus bagi pengguna sepeda, rambu-rambu juga lengkap jadi bersepeda bisa aman. Yang pasti  kami sangat apresiasi usulan dari Dewan Pendidikan ini," pungkas Mukarramah. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru