Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KSOP Sampit Larang Kapal Kecil Berlayar karena Ombak Laut Tinggi

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 24 Januari 2019 - 13:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sampit, Thomas Chandra melarang kapal kecil untuk berlayar karena kondisi cuaca saat ini sedang tidak bagus dan ombak cukup tinggi.

"Kami sudah mengimbau kepada kapal kecil untuk tidak melaut sementara waktu karena ombak cukup besar di laut," ujar Thomas, Kamis (24/1/2019).

Begitu juga kepada sejumlah kapal besar. Mereka juga memberikan peringatan kewaspadaan akan cuaca buruk.

Jika memang tidak memungkinkan untuk meneruskan pelayaran setidaknya mengambil keputusan agar mengutamakan keselamatan terlebih dulu.

"Memang untuk kapal kecil sudah kami berikan peringatan larangan berlayar dan kapal besar peringatan kewaspadaan dengan adanya cuaca buruk dan ombak besar di laut," katanya.

Dirinya juga meminta kepada seluruh pelayaran agar selalu memantau kondisi cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), terutama lima hingga enam jam sebelum berlayar. Sehingha bisa diketahui bagaimana keadaan cuaca di laut apakah memungkinkan untuk dilintasi atau tidak.

"Yang penting selalu memantau kondisi cuaca. Jika tidak memungkinkan untuk melaut lebih baik menahan diri demi keselamatan," ungkapnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru