KPU Kotim akan Rekrut Masyarakat Berpengalaman Untuk Sortir dan Lipat Surat Suara Pemilu

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 24 Januari 2019 - 13:36 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotawaringin Timur (Kotim) akan merekrut masyarakat yang berpengalaman untuk melakukan pelipatan dan penyortiran surat suara pada pemilihan umum (pemilu) 17 April 2019.

"Untuk pelipatan dan penyortiran surat suara, kami akan mengutamakan yang sudah berpengalaman sejek pemilu beberapa tahun terakhir," ujar Ketua KPU Kotim, Siti Fathonah, Kamis (24/1/2019).

Nantinya bagi masyarakat yang akan ditekrut untuk menjadi petugas pelipatan dan penyortiran akan dimintai sejumlah data diri, terutama kartu tanda penduduk (KTP) agar menghindari terjadinya kecurangan, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kalau melakukan hal yang dilarang.

"Kami tidak akan sembarangan dalam perekrutan petugas pelipatan dan penyortiran agar bisa terhindar dari hal yang tidak diinginkan," katanya.

Ia menerangkan perekrutan tenaga yang lebih berpengalaman dilakuakan sebagai upaya untuk meminimalisasi kesalahan dalam melipat surat suara, sehingga tidak terjadi kerusakan nantinya.

Dalam pelipatan dan penyortiran juga akan dipantau langsung oleh aparat kepolisian dan KPU. Hal ini untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan agar surat suara tidak mengalami kerusakan akibat kesalahan pekerja.

“Khusus untuk petugas lipat surat suara akan dilakukan seleksi secara ketat terhadap petugas bahagian pelipatan, karena ini sangat rawan terkait kepentingan pemilu," ungkapnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru