Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BMKG Sampit: Ombak Tinggi di Laut Jawa Dipengaruhi Badai Tropis

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 24 Januari 2019 - 14:56 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ombak besar yang terjadi di laut Jawa dalam beberapa hari terakhir ini tidak hanya akibat fenomena supermoon saja, namun juga akibat adanya badai tropis di selatan Samudra Hindia. 

"Untuk dua hari yang lalu ombak besar lebih disebabkan adanua supermoon, sedangkan untuk skarang ini dipengaruhi adanya badai tropis di selatan Samudera Hindia," ujar Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara H Asan, Sampit Nur Setiawan, Kamis (24/1/2019). 

Kondisi ombak besar tersebutpun harus diwaspadai. Apalagi dari pantauan pihaknya, tinggi gelombang di laut Jawa berkisar antara satu meter hingga tiga meter, sehingga sangat rawan bagi pelayaran, terutama kapal kecil. 

"Jadi dengan kondisi ini lebih baik pelayaran menahan diri dulu. Guna keselamatan mereka, apalagi bisa saja kondisi cuaca di laut berubah-ubah," ungkapnya. 

Dengan adanya ombak besar yang terjadi di laut Jawa sehingga membuat KM Kirana I harus putar haluan, karena dihantam ombak yang tingginya mencapai tiga meter, sehingga keberangkatan ke Semarang harus batal dan kembali ke Pelabuhan Sampit. 

Hal itu terjadi pada keberangkatan Kirana I pada Senin (21/1/2019) sekitar pukul 23.00 WIB. Namun kapal tersebut kembali lagi ke Pelabuhan Sampit, pada Rabu (23/1/2019) sekitar pukul 07.00 WIB. Akibat dihantam ombak tinggi. (MUHAMMAD HAMIM/B-6) 

Berita Terbaru