Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Muna Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapal Kayu Dilarang Berlayar ke Laut Jawa

  • 24 Januari 2019 - 17:06 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Kondisi musim angin Barat menyebabkan cuaca bisa berubah secara tiba-tiba, sehingga kapal bertonase kecil seperti kapal kayu dilarang berlayar dari kawasan Kuala Pembuang ke Laut Jawa.

Plt Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas 3 Kuala Pembuang Abdullah menyatakan, pihaknya memutuskan kebijakan tersebut demi keselamatan dalam berlayar.

"Ini demi keselamatan. Sehingga kami tidak akan memberikan izin berlayar untuk kapal kayu yang ingin berlayar antarpulau," tandas pimpinan yang dulu institusinya bernama Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) tersebut, Kamis (24/1/2019).

Menurut Abdullah, akhir-akhir ini kondisi cuaca sangat tidak menentu. Sehingga keadaan tersebut dapat membahayakan kapal yang tengah berlayar.

"Saat ini musim Barat di mana ketinggian ombak di laut mencapai 2 meter, sangat berisiko jika berlayar antar pulau," ujarnya.

"Kita akan terus pantau BMKG melihat perkembangan cuaca, jika cuaca memungkinkan berlayar maka kita akan keluarkan surat izin berlayarnya," tambahnya. (FARIZAN/B-5)

Berita Terbaru