Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Hulu Sungai Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dana Kelurahan Difokuskan Untuk Infrastruktur dan Pemberdayaan Masyarakat

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 24 Januari 2019 - 18:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit- Pada tahun ini, pemerintah pusat akan menggelontorkan dana kelurahan untuk pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat.

"Untuk dana kelurahan yang dialokasikan dari Dana Alokasi Umum (DAU), yakni sebesar Rp384 juta," ujar Lurah Mentawa Baru Hilir, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Maya Anisa, Kamis (24/1/2019).

Maya Anisa mengatakan, dirinya akan menggunakan dana itu untuk kepentingan masyarakat. Salah satunya untuk peningkatan sarana dan prasarana posyandu.

Seperti untuk melengkapi peralatan kesehatan posyandu, pengadaan makanan untuk bayi dan balita, hingga alat pemadam kebakaran. 

Kemudian, ia juga berencana membuat ruang terbuka hijau yang berlokasi di bekas kantor kelurahan lama. "Jadi dana tersebut akan digunakan untuk masyarakat, bukan untuk lurah," ucap Maya.

Selain menerima dana tersebut, kelurahan juga mendapatkan bantuan dari Pemkab Kotim, dengan alokasi anggaran melalui dukumen pelaksanaan anggaran (DPA) kecamatan. Totalnya mencapai Rp9,984 miliar. Dana itu nantinya akan dibagi ke 17 kelurahan di Kotim. 

"Mudah-mudahan dengan adanya anggaran tersebut bisa dimanfaatkan untuk pembangunan sarana dan prasarana kelurahan, pemberdayaan masyarakat, dan penyediaan barang dan jasa nantinya," ungkap Maya Anis. (MUHAMMAD HAMIM/B-3)

Berita Terbaru