Aplikasi Pemetaan Suara & Manajemen Pemenangan Pilkada

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Diskan Sukamara Kesulitan Mengembangkan Ikan Lokal

  • Oleh Norhasanah
  • 24 Januari 2019 - 21:26 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dinas Perikanan (Diskan) Sukamara masih kesulitan mengembangkan ikan lokal atau ikan sungai, mengingat faktor alam juga memengaruhi perkembangan budidaya.

"Untuk ikan sungai, karena kadang sungai kita ini kurang mendukung," ucap Kepala Diskan Sukamara, Yofi Yudistira, Kamis (24/1/2019).

Meskipun begitu, pihaknya akan berupaya agar ikan sungai tetap terjaga. "Ikan ini kalau kita pelihara, cuaca hujan ikannya naik ke permukaan," tuturnya.

Selain itu, Dinas Perikanan Sukamara mulai menampung beberapa jenis ikan lokal yang kini dipelihara dan dibudidayakan di Balai Benih Ikan (BBI) ini untuk melestarikan jenis ikan sungai.

"Sekarang kita mulai mengumpulkan beberapa jenis ikan sungai seperti kelabau, belida, lais, baung dan jenis lainnya untuk ditampung dan dibesarkan di BBI yang berlokasi di Dusun Teratang, Desa Natai Sedawak," ujarnya.

Dirinya melanjutkan, menampung ikan-ikan tersebut adalah sebagai upaya pihaknya untuk menjaga kelestarian ikan lokal dari kepunahan, mengingat beberapa jenis ikan saat ini sudah mulai sulit ditemukan di Sungai Jelai. 

"Setelah dibesarkan, ikan-ikan ini nantinya akan kembali kita lepas ke sungai agar bisa berkembang biak," terang Yofi Yudistira. (NORHASANAH/B-2)

Berita Terbaru