Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkayang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani Harapkan Harga TBS Sawit di Katingan Kembali Normal

  • Oleh Abdul Gofur
  • 25 Januari 2019 - 16:02 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sejumlah petani atau pemilik kebun kelapa sawit di wilayah Kabupaten Katingan berharap ke depan ada penaikan harga tandan buah segar (TBS) sawit sehingga bisa kembali normal seperti sebelumnya.

Saat ini harga sawit ditingkat petani di wilayah Kabupaten Katingan dihargai rata-rata Rp700 per kilo gram. Ada penaikan Rp100 dari sebelumnya Rp600 rupiah. 

"Sebelumnya malah sempat dihargai Rp500 per kilo gram, kemudian naik jadi Rp600, naik lagi Rp650 dan sekarang naik lagi jadi Rp700 per kilo gram," kata Edi, pemilik kebun sawit di Kasongan, Jumat (25/1/2019).

Namun harga Rp700 yang dipatok pengepul ini dinilai masih jauh dari saat harga normal sebelumnya yaitu berkisar Rp1.500 per kilo gram.

"Kalau sekarang harganya masih jauh dari normal, tapi harapan kami kedepan harganya bisa naik lagi seperti sebelumnya," harapnya.

Sementra berdasarkan informasi yang diperoleh borneonews.co.id harga TBS sawit yang dipatok pihak pabrik terhadap pengepul misalnya PT Arjuna di Kamipang sudah lebih dari Rp1.000 per kilo gram.

Selain dipasok ke PT Arjuna di Kecamatan Kamipang, TBS sawit dari petani di Kasongan dan sekitarnya juga dipasok ke PT WNS di Pundu Kotim dan wilayah Gunung Mas. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru