Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Merauke Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Metode Budidaya Ubi Bawang Merah Lebih Populer

  • Oleh Testi Priscilla
  • 25 Januari 2019 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Bidang Tanaman Pangan Hortikultura, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Palangka Raya, Rika Ernaningsi mengatakan bahwa budidaya bawang merah dengan metode ubi lebih populer di kalangan petani Kota Cantik dibanding metode biji.

"Dilihat dari kedua metode ini, untuk metode ubi yang paling sering diterapkan para petani dalam menanam bawang merah ini di Palangka Raya," kata Rika, Jumat (25/1/2019).

Sedangkan untuk metode tanam menggunakan bibit biji, lanjut Rika, baru tahun ini akan dicoba oleh DKPP Palangka Raya. Itupun, masih belum tahu berapa tingkat keberhasilannya.

"Memang sudah ada yang membudidayakan bawang merah dengan metode biji ini di Palangka Raya tapi itu swadaya petani saja bukan dari program DKPP Palangka Raya," jelasnya.

Itupun, lanjutnya, metode tanam biji ini dinilai masih kurang baik untuk produksinya. Berbeda dengan metode tanam ubi yang dinilai sudah sangat cocok diterapkan di Palangka Raya dan produksinya bagus.

"Kita coba di lahan seluas 5 hektar dulu karena kan metode menggunakan biji ini baru tahun ini untuk pertama kalinya kita coba," jelasnya.

Sedangkan yang untuk metode ubi yang memang sudah familiar di kalangan petani, katanya, diujicobakan pada lahan seluas 10 hektar. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru