Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. OKU Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kecelakaan Lalu Lintas Jadi Atensi Polda Kalteng  

  • Oleh Budi Yulianto
  • 25 Januari 2019 - 19:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Peristiwa kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Kalimantan Tengah menjadi atensi bagi aparat Polda Kalteng. Beragam cara untuk menekan angka kecelakaan dilakukan, salah satunya dengan menjalankan program Millenial Road Safety Festival. 

"Untuk situasi Kamtibmas, cukup stabil. Ada kasus konvensional, tapi sedikit. Sekarang yang dikhawatirkan adalah kecelakaan lalu lintas," kata Wakapolda Kalteng Brigadir Jenderal Rikwanto, Jumat (25/1/2019).

Ia menuturkan, program millenial tersebut sebagai salah satu upaya menekan angka kecelakaan. "Jadi disampaikan ke masyarakat khususnya kaum millenial jangan sampai berkendara melebihi batas kecepatan," ungkapnya. 

Dari data yang dihimpun Korlantas, lanjut dia, angka kecelakaan di Indonesia cukup tinggi. Rata-rata disebabkan oleh sumber tertentu atau kaum millenial (usia 17-35 tahun). 

"Nah mereka ini kita harapkan hati-hati di jalan. Ukur kekuatan diri, jangan sampai berkendara melebihi batas kecepatan. Karena ini yang sering terjadi," bebernya. 

"Secara data dunia, PBB, korban terbesar bukan dari peperangan tapi kecelakaan lalu lintas. Di Indonesia kita harapkan menurun. Kita juga berkoordinasi dengan pihak terkait dalam upaya menekan angka kecelakaan," imbuhnya. 

Jenderal bintang satu ini menambahkan, upaya lain dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas yakni dengan memberikan edukasi kepada masyarakat mulai dari pembuatan surat izin mengemudi (SIM) dan imbauan terhadap peserta didik di sekolah agar selalu mentaati aturan lalu lintas. (BUDI YULIANTO/B-5)

Berita Terbaru