Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polda Kalteng Bakal Bentuk Satgas Bansos

  • Oleh Budi Yulianto
  • 27 Januari 2019 - 13:02 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah bakal membentuk satuan tugas (Satgas) bantuan sosial (Bansos) untuk mendukung program pemerintah agar setiap penyaluran bantuan tepat sasaran.

"Polda Kalteng melalui Direktorat Reskrimsus akan segera membentuk tim satuan tugas. Dalam waktu dekat kami akan berkoordinasi secara internal bersama jajaran," kata Dirreskrimsus Polda Kalteng Kombes Pol Adex Yudiswan, Minggu (27/1/2019).

Ia menuturkan, satgas tersebut nantinya tergabung dari anggota Polri, pemerintah daerah, dinas sosial dan instansi terkait lainnya. 

"Tujuannya untuk memperlancar keamanan pelaksanaan penyaluran bantuan sosial kepada penerima sesuai dengan prinsip tepat sasaran, waktu, jumlah, kualitas, jenis dan tepat cara," ungkapnya.

Ia menambahkan, langkah awal yang akan dilakukan yakni mencari data base bantuan sosial baik itu jumlah masyarakat yang menerima, bentuk dan besaran bantuan.

Menurut Adex, dengan adanya satgas berikut dilakukan pendampingan dan pemantauan, potensi tidak tepat sasaran maupun dalam bentuk kecurangan dapat ditekan.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu Kementerian Sosial bersama Polri telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Nomor B/6/1/2019, tentang Bantuan Pengamanan dan Penegakan Hukum pada Pelaksanaan Penyaluran Bantuan Sosial.

Atas kesepakatan itulah, Polda Kalteng siap melakukukan pemantauan dan pendampingan setiap penyaluran bansos. (BUDI YULIANTO/B-2)

Berita Terbaru