Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Sukamara Diharapkan Bisa Mengelola Sampah

  • Oleh Norhasanah
  • 28 Januari 2019 - 14:36 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Wakil Bupati Sukamara, Ahmadi mengajak masyarakat untuk secara mandiri mengelola sampah dengan memisah sampah sesuai jenisnya.

"Dengan adanya TPS 3R di Kelurahan Padang diharapkan tidak ada lagi sampah yang berserakan," harap Ahmadi, Senin (28/1/2019).

Ahmadi mengharapkan masyarakat bisa secara mandiri mengumpulkan sampah dan memisahnya sesuai jenis, yang mana sampah plastik bisa disadaqohkan ke TPS 3R Permata Sukma.

"Seperti sampah plastik ini bisa di sodaqohkan ke TPS," ujarnya. Semnetara itu Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sukamara, Anderson mengatakan saat ini kesadaran masyarakat dalam memilah sampah masih kurang, sehingga untuk menerapkan konsep pengelolaan sampah terpadu perlu adanya upaya yang lebih serius dari pemerintah.

"Kita akui kesadaran masyarakat untuk memilih sampah supaya mempunyai nilai ekonimis masih kurang," katanya.

Dia melanjutkan adanya anggapan nilai rupiah sampah rendah membuat masyarakat dengan ekonomi menengah keatas masih enggan untuk berpartisipasi dalam mengelola sampah dengan cara memilah sampah.

Padahal apabila konsep tersebut diterapkan tidak hanya menambah penghasilan namun juga member dapak baik terhadap alam.

"Selain itu, harga sampah yang bernilai ekonomis masih menjadi rahasia dan hanya diketahui oleh lapak atau para pengepul saja, dan belum adanya pemahaman yang sama antara pemerintah, masyarakat maupun swasta dalam hal pengelolaan sampah," tuturnya. (NORHASANAH/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru